Powered by Blogger.

Astaga! Daftar Ulang PMDK di Universitas Jember Harus Bayar Rp 120 Juta

Saturday 23 July 2011

Biaya daftar ulang siswa yang dinyatakan lolos seleksi jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) di Universitas Jember (Unej) tahun 2011 di Fakultas Kedokteran mencapai Rp120 juta.

Kepala Humas dan Protokol Unej, Rochani, Jumat, mengatakan calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi jalur PMDK harus membayar biaya daftar ulang berupa sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan sumbangan pengembangan akademik (SPA).

"Besarnya biaya daftar ulang SPA dan SPI di masing-masing fakultas tidak sama, namun tertinggi di Fakultas Kedokteran yang totalnya mencapai Rp120 juta," tuturnya.

Unej menerima sebanyak 735 calon mahasiswa baru melalui jalur PMDK, namun hampir tiap tahun Fakultas Kedokteran Unej masih menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa baru jalur PMDK.

Menurut Rochani, besarnya biaya daftar ulang tersebut sudah diketahui oleh peserta pada saat mendaftar secara dalam jaringan ("online") di laman yang sudah ditentukan oleh panitia. "Besarnya biaya SPA dan SPI di sejumlah fakultas Unej sudah diketahui oleh calon mahasiswa baru jalur PMDK, sehingga mereka bisa mengukur kemampuan orang tua masing-masing," katanya.

Besarnya sumbangan SPI bervariasi antara lain Fakultas Kedokteran sebesar Rp100 juta, Kedokteran Gigi sebesar Rp50 juta, Farmasi sebesar Rp15 juta, Sistem Informasi sebesar Rp15 juta, dan Ilmu Keperawatan sebesar Rp10 juta.

"Rata-rata biaya daftar ulang fakultas bidang kesehatan agak mahal, namun untuk bidang sosial seperti FISIP, Sastra, dan Ekonomi biaya SPInya sebesar Rp3 juta," ucapnya. Selain membayar SPI, kata dia, peserta yang dinyatakan lolos seleksi jalur PMDK harus membayar biaya SPA dengan nominal yang bervariasi berkisar Rp5 juta hingga Rp20 juta.

"Biaya SPA tertinggi di Fakultas Kedokteran yang mencapai Rp20.890.000,00, kemudian disusul Fakultas Kedokteran Gigi sebesar Rp15.890.000,00, dan Farmasi sebesar Rp13.090.000,00," paparnya.

Rochani menjelaskan peserta harus membayar biaya daftar ulang berupa SPI dan SPA sekaligus, dan calon mahasiswa baru yang lolos jalur PMDK tidak diperkenankan untuk mengangsur biaya daftar ulang. Daftar ulang peserta jalur PMDK digelar di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Tegalboto, pada 21-23 Juli 2011. 
(republika.co.id)
Share this article on :

1 comment:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Pendidikan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.